case study British School Jakarta

Logo BSJ

British School Jakarta Meningkatkan Kelancaran Belajar Mengajar Digital dengan Aruba Networks.

Digitalisasi yang terus berkembang di Indonesia kini telah merambah ke berbagai sektor dan bidang. Termasuk diantaranya pendidikan dari tingkat TK hingga perguruan tinggi. Sebagian besar sekolah secara perlahan beralih menggunakan perangkat elektronik yang lebih canggih untuk menunjang sistem belajar mengajar. Tak terkecuali layanan internet yang memudahkan pengajar maupun murid mengakses informasi tanpa harus terpusat pada textbook. Dari sekian sekolah di Indonesia yang melakukan transformasi digital, British School Jakarta (BSJ) menjadi salah satu lembaga yang memutuskan meningkatkan infrastruktur teknologi informasi (IT). Namun, karena infrastruktur ini tergolong kompleks, BSJ lantas menggandeng Aruba Network untuk membantunya. Lantas, apa yang mendasari BSJ memilih Aruba sebagai solusi?

Keunggulan Teknologi Menjadi Alasan BSJ Memilih Aruba Networks
Sejak 2013, BSJ telah melaksanakan transformasi digital dengan mengganti perangkat serta memakai jaringan dan koneksi yang stabil. Mereka memulainya dengan mengadopsi penggunaan satu perangkat Apple per siswa (1:1 Apple device). Dengan rincian siswa di tingkat primary (setara SD) mengoperasikan iPad dan secondary menggunakan MacBook.

Setelah mempertimbangkan provider infrastruktur koneksi jaringan yang cocok untuk pendidikan, BSJ akhirnya memutuskan memilih access point (AP) dan switch dari Aruba Network. Ada beberapa alasan yang mendasari BSJ menggunakan jasa Aruba. Misalnya saja teknologi bernama Client Match yang memungkinkan koneksi ke jaringan nirkabel (wireless) dengan lancar. Kemudian, perpindahan dari satu AP ke AP lain pun tak akan mengalami gangguan sinyal. Belum lagi jangkauan stabil untuk meningkatkan keamanan dari serangan siber.

Kebutuhan
● Penggunaan satu perangkat Apple per siswa (1:1 Apple device) membutuhkan jaringan dan koneksi internet yang stabil agar tidak mengganggu proses belajar mengajar digital.
● Infrastruktur dan jaringan wired and wireless untuk memfasilitasi kebutuhan belajar mengajar di BSJ.
● Jangkauan user dalam jumlah banyak dan cakupan jaringan wifi yang dapat diatur dengan mudah.

Solusi
Aruba CX 6405 Core Switch Series;
Aruba 6300M Distribution Series;
Aruba 6300F Switch Series;
Aruba 6200F Switch Series;
Aruba ClearPass;
Aruba Controller 7210;
Aruba Airwave for Network Management;
Aruba Access Point 275, 515, 535, 565, 567.

Manfaat
● Perubahan pengajaran dari offline ke online dapat berjalan dengan lancar tanpa ada masalah yang berarti.
● Memberikan pengalaman yang baik untuk siswa saat mereka kembali belajar di sekolah.
● Proses belajar mengajar dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja, pertemuan murid dan guru dapat dilakukan di sekolah maupun secara online dan terintegrasi sehingga membuat suasana belajar yang lebih fleksibel.
● Membantu tim IT secara cepat dan aman saat menghubungkan perangkat-perangkat baru, mudah dalam scalability untuk memenuhi kebutuhan, dan memberikan laporan yang dapat membantu dalam pengaturan network.

Instalasi Jaringan Aruba yang baru ini sangat berkualitas dan tidak sia-sia dilakukan. Karena menjadi investasi untuk menunjang kelancaran pelaksanaan kurikulum digital dan proses belajar mengajar di sekolah kami untuk tahun-tahun mendatang.
EDWARD PARDOMUAN
Head of IT, BRITISH SCHOOL JAKARTA

Jaringan di Sekolah Teroptimalisasi Menggunakan Produk Aruba
Produk Aruba di lingkungan BSJ dapat membantu semua masyarakat sekolah. Dimulai dari Aruba CX Switch dan upgrade network bandwidth sampai 50GBps, BSJ secara tak langsung mengoptimalkan jaringan dan koneksi yang stabil sebagai solusi di sekolah. Apalagi BSJ sudah mengaplikasikan kurikulum berbasis teknologi. Penerapan 1:1 Apple device untuk murid, pengembangan infrastruktur, dan network yang jelas memerlukan koneksi internet yang lancar. Karena sudah diimplementasikan sebelum masa pandemi, fasilitas dan layanan tersebut memudahkan BSJ untuk mengalihkan pengajaran offline ke online tanpa masalah berarti. Hal ini juga didukung para pengajar yang sudah terbiasa memakai teknologi untuk kebutuhan mengajar, sehingga mereka tak perlu pelatihan khusus untuk mengoperasikannya.

British School Jakarta
Bagaimana dampaknya terhadap para murid di BSJ? Setelah mengikuti online class selama dua tahun terakhir, murid-murid di BSJ akan mengalami perubahan dalam mengikuti materi dan mengikuti perkembangan seputar pendidikan. Jika sebelum pandemi hanya tergantung pada 1-2 perangkat, kini setelah sekolah kembali memperlakukan pertemuan tatap muka, mereka akan menggunakan berbagai perangkat seperti laptop, smartphone, tablet, dan lain sebagainya. Dalam hal ini, Aruba menyediakan infrastruktur terbaik dalam hal jaringan dan koneksi. Hasilnya, murid-murid BSJ tak mengalami kendala rumit saat mengoperasikan perangkat di sekolah. Jadi, mereka bisa meneruskan materi yang selama ini diajarkan secara online.
Peningkatan teknologi dan infrastruktur jaringan dari Aruba pun memudahkan guru mengadakan pertemuan dengan murid di mana dan kapan saja. Para pengajar bisa mengintegrasikan layanan-layanan yang tersedia dengan memanfaatkan jaringan dan koneksi yang stabil. Kegiatan belajar mengajar pun alhasil lebih fleksibel sekaligus efektif. Sementara itu, orangtua murid dapat lebih mudah mengawasi (monitoring) anak-anaknya selama mengikuti kegiatan sekolah lewat portal online khusus. Lantas staf IT lebih cepat menghubungkan perangkat-perangkat baru yang mudah dari segi scalability. Hasilnya, mereka mampu kebutuhan dan menyediakan laporan untuk membantu pengaturan network.

PERAN PENTING AGIVA INDONESIA DALAM PROSES IMPLEMENTASI ARUBA
Sebagai sekolah bertaraf internasional, BSJ tentu melakukan riset saat memilih Aruba dan Agiva sebagai vendor untuk memenuhi kebutuhan IT, termasuk jaringan dan koneksi yang stabil.

Proses instalasi perangkat dan upgrade jaringan yang dilakukan BSJ tak terlepas dari sejumlah tantangan. Misalnya saja downtime yang terjadi saat mengganti 37 network switch dengan Aruba CX dan upgrade backbone menjadi 50GBps. Hal ini disebabkan pada pagi hingga sore hari network masih digunakan untuk kebutuhan pendidikan. Belum lagi lead time yang berlangsung lama akibat keterbatasan material di masa pandemi. Untuk mengakalinya, instalasi dialihkan ke malam hari yang mencakup kegiatan seperti perapihan kabel, rack switch, dan mengubah jadwal sesuai lead time delivery. Agiva selaku vendor sudah mempunyai berbagai pengalaman untuk menangani kemungkinan kendala selama instalasi. Karena Agiva Indonesia merupakan salah satu partner resmi dari Aruba yang terpercaya serta mempunyai tenaga kerja ahli yang bersertifikat seperti Aruba Certified Mobility Associate (ACMA), Aruba Certified Mobility Professional (ACMP), Aruba Certified Clearpass Professional (ACCP), Aruba Certified Design Expert (ACDX), dan Aruba Certified Switching Professional (ACSP). Dukungan atau support yang diberikan pun tak pernah mengecewakan. Jadi, merupakan keputusan yang tepat jika BSJ mempercayakan mereka untuk meningkatkan fasilitas IT di sekolah.

Aruba telah berpengalaman dalam menangani sekolah-sekolah di kawasan urban seperti BSJ. Dapat dibayangkan seberapa besar perubahan yang Aruba berikan pada pendidikan di wilayah lain yang belum mendapatkan jaringan internet terbaik. Untuk itu, Aruba patut dipertimbangkan demi memajukan bidang edukasi di seluruh Indonesia.

image_printPrint